Indek.id – Produk UMKM di zaman sekarang, digitalisasi adalah sebuah hal yang tak terpisahkan dari kehidupan. Salah satu bagian yang penting adalah media sosial.
Ia hadir di hadapan kita dengan berbagai macam platform dan fungsinya.
Sebagai contoh, media sosial berpotensi menaikkan nasabah sebuah badan usaha secara efektif dengan jangkauannya yang lebih luas. Tak terkecuali dalam hal ini adalah UMKM.
Pemasaran produk melalui media sosial terbilang praktis dan hemat biaya. Apalagi para pelaku usaha, terkhusus UMKM, menginginkan sebuah strategi pemasaran produk yang tidak rumit dan minim biaya.
Tips Promosikan Produk UMKM Lewat Medsos
Lalu, bagaimana sih caranya menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk UMKM? Berikut tipsnya!
1. Menetapkan target konsumen
Langkah pertama yang harus kamu perhatikan adalah menetapkan target konsumen. Kamu harus menyesuiakan terlebih dahulu dengan produk yang akan dipasarkan.
Pada tahapan inilah, kamu bisa menentukan Langkah-langkah selanjutnya, seperti visualisasi, pemilihan gaya bahasa dan strategi yang akan digunakan dalam memasarkan produk.
2. Membuat tampilan media sosial yang lengkap, menarik dan informatif
Brand awareness merupakan hal yang sangat penting dalam suatu usaha.
Agar tujuan itu tercapai, ada baiknya kamu mengemas tampilan media sosial bisnismu dengan lengkap. Seperti nomor telepon, alamat toko, situs e-commerce dan sebagainya.
Jangan lupa, kamu juga harus membuat tampilannya semenarik mungkin.
Barangkali hal ini sepele, tapi tidak menutup kemungkinan orang akan terkesan dan penasaran dengan produk yang bakal kamu tawarkan.
Dan untuk membuatnya informatif, sahabat bisa menggunakan jasa sendiri atau menyewa tenaga professional.
Tujuannya adalah agar calon pelanggan punya gambaran terhadap produk yang akan ditawarkan.
Baca Juga: Peminat Produk Beutiful_Booquets Milik Nia Cukup Diminati Remaja
3. Menggunakan media sosial yang populer dan membuat konten yang menarik
Kamu dapat memanfaatkan beberapa media sosial yang populer digunakan para pebisnis untuk memasarkan produkmu.
Seperti Facebook, TikTok, Instagram, Youtube dan sebagainya. Jika tidak bisa memanfaatkan semuanya, minimal kamu harus pilih beberapa yang paling populer.
Selain itu, kamu perlu membuat konten yang menarik. Berupa pemilihan topik yang relevan, edukatif, bernilai dan menghibur bagi pelanggan.
4. Aktif dan responsif kepada pelanggan
Postingan yang kamu update terkadang akan direspon oleh banyak pengguna media sosial. Nah, sebaiknya kamu memberikan respon yang cepat dan baik pada mereka.
Sehingga tidak menutup kemungkinan, mereka akan tertarik membeli produkmu dan menjadi pelanggan yang setia dalam jangka panjang.
Itulah dia 4 tips mempromosikan produk UMKM yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat untuk bisnismu.