INDEK.ID, Berlin – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Badan Pariwisata serta Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf atau Baparekraf) kembali ikut serta dalam pameran pariwisata terbesar dunia “Internationale Tourismus- Börse (ITB) Berlin 2023” yang berjalan pada 7-9 Maret 2023 di Berlin Expo Center, Messe Berlin, Jerman.
Memperkenalkan paviliun Indonesia, Kemenparekraf menyediakan 64 industri pariwisata buat promosi serta menjual bermacam paket wisata. Industri tersebut terdiri dari penyedia jasa akomodasi (penginapan) serta Travel Agent ataupun Tour Operator dari Indonesia.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kepala Badan Pariwisata serta Ekonomi Kreatif (Menparekraf atau Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, dalam pernyataannya, di Berlin, Selasa (7 atau 3 atau 2023), berkata, tema yang dinaikan Indonesia pada ITB Berlin kali ini merupakan “Visit Wonderful Indonesia 2023: Explore Our New Destinations” yang fokus pada lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (5 DPSP).
Lewat promosi ini diharapkan lima DPSP semakin diketahui dunia internasional serta pariwisata Indonesia terus menjadi tertebar tidak cuma terkonsentrasi di Bali. Sebab bagi informasi statistik, pariwisata Indonesia sebesar 41 persen sedang bertumpu pada Pulau Bali.
“Tujuan kuncinya merupakan buat menggapai sasaran tahun 2023 dengan jumlah kunjungan turis mancanegara menggapai nilai 7, 4 juta kunjungan,” kata Menparekraf Sandiaga.
Delegasi Bidang Penjualan Kemenparekraf atau Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini meningkatkan, Kemenparekraf pula mengangkat Desa Darmawisata dalam usaha menguatkan kebangkitan ekonomi pascapandemi yang searah dengan prinsip eco- tourism. Dikala ini Indonesia mempunyai 100 desa wisata yang telah terkurasi serta siap didatangi turis.
Buat mengiklankan resep serta hidangan khas Indonesia, Kemenparekraf meningkatkan program” Indonesia Spice Up The World (ISUTW)” yang pula hendak dipublikasikan di bursa pariwisata ITB Berlin 2023.
Program ini diharapkan bisa menolong bertumbuhnya jaringan restoran Indonesia di luar negara sebagai media gastrodiplomacy buat menggapai sasaran angka ekspor resep serta rempah sebesar dua miliyar dolar AS serta mengaktivasi 4. 000 restoran di luar negara pada tahun 2024.
Baca juga; Pasar BTN, Wamendag Jelaskan Dunia Digitalisasi Pasar
“Semua ini diharapkan bisa dinaikan serta dipublikasikan pada dunia internasional lewat event besar ITB Berlin 2023. Walaupun tidak terdapat event B to C semacam sebagian tahun sebelumnya, tetapi diharapkan para pelaku industri yang ikut serta dalam event ini bisa menjual lima DPSP lewat kegiatan bisnis yang dilaksanakan serta dapat menggapai sasaran kemampuan bisnis ITB Berlin 2023 ini sebesar 300. 000 pax serta target devisa sebesar Rp5, 2 triliun,” tutur Ni Made.
Buat dikenal, pada tahun 2022, capaian pariwisata Indonesia lumayan melegakan dengan jumlah kehadiran turis mancanegara mencapai angka hampir 5, 5 juta kunjungan dari target 3, 6 juta. Setelah itu 703 juta pergerakan turis nusantara dari target 600 juta pergerakan.
Devisa wisata nusantara menggapai nilai 5, 2 miliyar dolar AS yang melampaui sasaran 1, 7 miliyar dolar AS. Serta angka tambah sektor parekraf Indonesia mendobrak angka Rp1, 276 triliun. Selain itu angka ekspor parekraf Tanah Air menggapai angka 24, 5 miliyar dolar AS.