UMKM  

Ekonomi Kreatif Milik Arofa Semakin Diminati

Ekonomi Kreatif Milik Arofa Semakin Diminati
Produk Ekonomi Kreatif Milik Arofa

INDEK.ID, Krucil – Ekonomi kreatif menjadi salah satu cara yang cukup efisien dalam menupang perekonomian masyarakat. Ekonomi kreatif membututuhkan gagasan dan ide kreatif dalam mengembangkannya.

Arofatul Hasanah seorang ibu rumah tangga yang telah lama memulai bisnis kecil-kecilan. Bisnis yang dikembangkan oleh Rofa (panggilan akrabnya) merupakan bisnis yang termasuk ekonomi kreatif dimana produknya membutuhkan kreatifitas yang cukup menyita fikirannya.

Bisnis yang dikembangkan oleh Rofa sudah dimulai sejak 2018, dimana awalnya dia hanya iseng membuat parsel di salah satu acara keluarganya. Waktu itu, dia membuat parcel yang berbentuk kucing yang bahan dasarnya dari gula.

“awal mula bisnis ini, saat saya iseng membuat parcel yang berbentuk kucing di acara keluarga saya, bahan utamanya gula yang dibentuk seperti kucing” kata Rofa saat diwawancarai oleh wartawan Indek.id, Krucil-Probolinggo (19/05/2023).

Semenjak itu, banyak kalangan masyarakat disana yang mulai berdatangan untuk meminta dibuatkan parcel yang beraneka ragam, mulai dari berbentuk kucing, domba, buah-buah-buahan dan sebagainya.

“kaget bercampur bahagia setelah tau banyak yang meminta untuk dibuatkan parcel mulai berbentuk kucing, domba dan buah-buahan. Dan alhamdulillah semua itu dapat menambah perekonomian keluarga” tambahnya.

Soal harga, Rofa tidak pernah mematok harga dalam jasanya, dia hanya memberi tau soal harga dari bahan-bahan yang diperlukan dan ongkosnya dia pasrah sepenuhnya sama pelanggan.

Baca juga: SMK Muhammadiyah Tumijajar Ciptakan Kopi Yang Berkelas

“saya hanya ngasik tau harga bahan-bahan yang diperlukan dan soal ongkos saya pasrah sama yang mesan. Tidak tau kenapa saya senang mengerjakan semua ini walaupun sering kali tidak sesuai dengan capek dan ribetnya tapi ada kesenangan sendiri dalam diri saya” jelasnya

Saat ini, tidak hanya parsel dari bahan gula saja tetapi sudah mulai ada orang yang meminta dibuatkan parcel dari baju atau pakaian.

“saat ini, mulai berdatangan pesanan baru dimana bahan utamanya dari pakaian yang diminta untuk dibentuk beraneka ragam juga, mau tidak mau saya harus belajar lagi secara otodidak dengan cara lihat di youtube” imbuhnya sambil tersenyum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *